Home » » Tujuan Utama Pendidikan Pondok Pesantren

Tujuan Utama Pendidikan Pondok Pesantren

Posted by Pesantren Benda on Senin, 09 Februari 2015

Perkembangan pendidikan dewasa ini semakin meningkat. Bahkan lembaga pendidikan konvensional maupun pendidikan berbasis agama memburu peserta didik menyekolahkan anaknya ke sekolah tersebut. Ada kehawatiran dari sekian lembaga pendidikan yang ada belum dapat menetapkan tujuan utama dari pendidikan tersebut secara benar. Namun perlu kita bergembira karena dengan banyaknya lembaga pendidikan yang ada akan dapat menimalisir angka kebodohan di Negara kita.

Pesantren sebagai lembaga pendidikan tertua di Indonesia jauh hari telah menetapkan tujuan pendidikan pesantren sesuai dengan cita-cita bangsa, negara dan juga Agama. Lulusan dari pesantren dari sejak dulu dicetak dan ditanamkan aqidah yang lurus, jauh dari syirik, hasud, riya, takabur, bid'ah dan akhlak terpuji lainnya.

Melalui pendidikan pesantren para santri dibimbing agar tercapai kepada tujuan utama pendidikan melalui ibadah yang benar sesuai dengan Al-Qur'an dan sunnah Rasulullah SAW. Cara yang dilakukan untuk sampai ke arah tersebut dengan cara memahami apa yang tertulis pada Qur'an maupun hadits Nabi.

Lulusan pesantren semenjak dulu terbukti dapat beretika sesuai tuntunan Agama dan itu merupakan harapan dari para orang tua yang ingin anak-anaknya menjadi anak soleh yang berguna bagi agama, nusa dan bangsa.

Ilmu yang digali di lembaga pendidikan pesantren dahulu memang sebatas ilmu agama saja. Namun di zaman yang supercanggih seperti saat sekarang ini banyak pesantren yang menerapkan sistem modern yang mengedepankan wawasan luas, tak kalah di persaingan teknologi canggih.

Semenjak dahulu pesantren membentuk para santrinya memiliki badan yang sehat, jiwa yang kuat. Karena melalui olah fisik mental positip pun akan terbentuk melalui bimbingan intensif para Ustadz maupun Kiai di pesantren tersebut.

Kreatifitas dan keterampilan diajarkan di pondok pesantren dengan cara hidup mandiri jauh dari orangtua, sanak saudara. Tak heran bila diantara pengusaha mereka terlahir dari pondok pesantren yang secara langsung tidak mengajarkan cara berwirausaha.

Namun umumnya keluaran pesantren berprofesi sebagai ustadz, guru, da'i yang dapat menaungi keluarga dan masyarakat.
oleh: Pondok Pesantren Modern


0 komentar:

Posting Komentar

.comment-content a {display: none;}